Senin, 07 Juni 2010

Apa Itu Memory ?

Apa itu Memory?

Memory, secara sederhana adalah daya ingat seseorang terhadap sesuatu yang pernah ditangkap oleh pancaindera dan tersimpan didalam otak manusia.

Para ahli sependapat bahwa memory itu seperti Otot, otak Anda bisa dilatih untuk menjadi hebat yang mempunyai daya ingat tinggi. Jika kita melatihnya dengan baik, maka akan menjadi baik. Bila kita melatihnya dengan salah atau tidak dilatih sama sekali maka akan menjadi lemah.

Disamping Latihan Memory, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan memory, yaitu antara lain:

a. Membuat kondisi RELAKS (Relaxed Concentration)
Ingat ! Pada waktu mengerjakan “Ujian“, Anda stres memikirkan jawabannya. Semakin Anda paksa, otak Anda semakin buntu dan tidak dapat menemukan jawabannya ! Padahal setelah Ujian selesai dan ketika Anda sedang relaks…, secara tiba-tiba Anda teringat jawabannya…. ! Itulah otak manusia.

Para ahli mengetahui bahwa otak dalam kondisi stres atau tertekan, akan menghasilkan hormon yang tidak efektif sehingga tidak dapat membuka ingatan (kortek). Jadi RELAKS (FUN) adalah kunci untuk menyimpan dan membuka memory !


b. CLUSTER DATA (Pola Masukan Data)
Kebanyakan orang meng-gunakan pola - pola linier, seperti pencatatan biasa, menghafal dengan cara biasa (monoton), hal ini akan membuat kinerja otak tidak optimal.

Otak terkadang hanya terstimulasi dengan hal - hal yang membosankan, sehingga banyak hal yang tidak terserap otak dengan baik. Terkadang otak menjadi rancu atau bingung bahkan stres. Namun sebaliknya, bila otak mendapat rangsangan yang beragam, seperti pola warna, visualisasi yang melibatkan semua panca indera, serta memiliki pola “mind map“, maka otak akan lebih efektif bekerja. Dengan pola stimulasi yang beragam, maka pola memasukkan data (cluster) ke dalam otak, akan terstruktur dengan baik dan lebih mantap.


c. PENGULANGAN
Dengan metode dan waktu pengulangan yang tepat, maka akan semakin mudah untuk mengingat. Proses pengulangan yang baik harus melibatkan asosiasi dan imajinasi. Mind Mapping dan pola super memory merupakan contoh yang sangat dianjurkan untuk melakukan pengulangan.
Proses penebalan Neuron akan terstimulasi bila pengulangan dilakukan dengan tepat.

Tony Buzan, dalam buku “Use your Head”, menekankan bahwa pengulangan akan efektif bila dilakukan dengan waktu dan cara yang tepat. Menurut penelitian, waktu pengulangan yang efektif minimal harus dilakukan dalam waktu 5 kali pengulangan. Yaitu: Pengulangan ke-1 : 10 menit, ke-2 : 24 Jam, ke-3 : 1 minggu, ke-4 : 1 bulan dan ke-5 : 6 bulan.

Diposting oleh :
Prili, praktisi Mind Mapping

0 komentar:

Posting Komentar