Jumat, 09 April 2010

Prinsip Dasar Mekanisme Otak Kita

Para ilmuwan dunia di bidang penelitian dan penegembangan otak menyatakan bahwa prinsip dasar mekanisme otak ada 3 bagian, yaitu :
  • 1. Prinsip Sinergis.
  • 2. Prinsip Pengulangan.
  • 3. Prinsip Sukses.

1. Prinsip Sinergis.
Dalam proses pemikiran hitungan sederhana, dimana setia kali kita menambah satu data pikiran baru ke dalam otak kita, kita hanya akan menambah satu data ke gudang penyimpanan di otak kita. Tetapi penemuan di pertengahan abad 20, sebenarnya "otak bekerja secara sinergis".
Dalam sebuah sistem sinergis, "keseluruhan = lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya, misal : 1 + 1 = lebih dari 2. Kata " lebih " ini tidak akan ada batasnya.


2. Prinsip Pengulangan.
Seandainya Anda harus membuat rute jalan ke suatu tempat yang belum Anda kenal, pertama kali melewati rute tersebut akan ada banyak hambatan. Tetapi setelah tiba di tujuan dan anda suatu saat mengulang ke tujuan itu kembali apa yang akan Anda hadapi. Jelas lebih sedikit hambatannya.
Begitu pula prinsip otak, semakin banyak kita melatih penggunaan (mengulang-ulang) otak, semakin banyak hunbungan ayang akan dibuat di dalam otak kita. Proses pengulangan ini akan semakin jelas merumuskan peta pikiran dalam otak kita.


3. Prinsip Sukses.
Pada dekade abad ke-20, para psikolog dan pemikir menggambarkan otak sebagai mekanisme trial dan error. Mekanisme ini membuktikan proses lahir (awal), mencoba, kesalahan, kesalahan, kesalahan dan dalam beberapa menit kemudian, semuanya sulah akan berakhir.
Inilah yang disebiut mekanisme sukses, bahwa hidup kita adalah sukses yang berkelanjutan, meskipun sekali-sekali terjadi kesulitan/kesalahan. Pendek kata, Anda adalah kisah sukses.

" Orang tidak akan pernah melakukan kesalahan, tidak pernah mencoba sesuatu yang baru. " -- Albert Einstein.


Semoga bermanfaat.

Sumber : Buku Pintar Mind Map (Tony Buzan)

1 komentar:

Posting Komentar